Tidak Laksanakan RAT Tiga Kali Berturut-turut, Koperasi Dinonaktifkan

Pembinaan Pengawasan Kelembagaan dan Kepatuhan Koperasi Aktif di Kecamatan Merbau beberapa waktu lalu.

MERANTI – Puluhan koperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti terancam dinonaktifkan akibat tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama tiga kali berturut-turut. Untuk itu para pengurus koperasi diminta untuk serius menanggapi dan segera melaksanakan RAT bagi yang belum.

Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kepulauan Meranti, Ridwan H, M.Pd menegaskan bahwa ketentuan tersebut merupakan amanat undang-undang.

“Jadi kita berikan surat peringatan bagi yang tidak RAT. Jika sampai surat ketiga tidak juga diindahkan maka koperasi akan dinonaktif dan terancam dibubarkan,” kata Ridwan.

Berdasarkan data Disdagprinkop-UKM ada 276 koperasi di Kepulauan Meranti. Dari jumlah tersebut hanya 46 koperasi yang dapat digolongkan aktif karena telah melaksanakan RAT dalam tiga tahun terakhir.

“Untuk itu kita berharap pengurus koperasi yang ada bisa memperhatikan masalah RAT ini agar koperasinya digolongkan aktif,” ujarnya.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disdagprinkop-UKM Kepulauan Meranti, Aminullah menyebutkan pihaknya terus melakukan Pengawasan Kelembagaan dan Kepatuhan Koperasi. Dia menegaskan, jika upaya pembinaan dan pemecahan masalah tidak berhasil, dan para pengurus koperasi tidak mau evaluasi diri maka akan dinonaktifkan atau bahkan dibubarkan.

“Itulah fungsi dari koperasi, daripada banyak tapi tidak aktif percuma saja. Kepada yang aktif kita harapkan bisa melakukan pelatihan, penyegaran pengurus, rapat tahunan teratur, bekerjasama dengan kemitraan dengan benar,” harap Aminullah.

Saat ini pihaknya tengah memberikan pembinaan agar koperasi yang ada bisa tetap aktif. Namun, apabila tidak mau memperbaiki diri, maka pihaknya terpaksa mencabut izin. Apabila dilakukan pencabutan, secara otomatis akan terhapus, jika melakukan kegiatan koperasi lagi, dipastikan itu ilegal.

“Kami menyarankan supaya semua koperasi yang ada di Meranti ini berjalan dengan baik sesuai tujuan awal. Karena koperasi merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan,” tegasnya. (rilis/amn)

Dinas Staf

Hacked by Lutfifakee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares