Bidang Metrologi Legal melakukan pengawasan BDKT

Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DisdagperinkopUKM) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, melalui Bidang Metrologi Legal, dalam beberapa hari ini, melakukan pengawasan terhadap barang dalam keadaan terbungkus (BDKT) ke seluruh Swalayan di wilayah Selatpanjang.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Metrologi Legal, Mufrizal, Kamis (5/3/2020). Dikatakanya, tujuan dari pengawasan kemetrologian tersebut untuk memastikan kebenaran berat dan volume sesuai dengan yang tertera pada label produk, sehingga tidak merugikan pembeli atau konsumen.

“BDKT yang kita periksa keakuratannya adalah barang-barang yang dikemas dan dikemas ulang oleh swalayan. Misalnya gula, tepung, kopi, mentega, minyak curah dan lainnya. Untuk memastikan akurasi barang sesuai label agar tidak merugikan konsumen,” ungkapnya.

Selain pengawasan dan memeriksa barang dalam kemasan, lanjut Mufrizal, pihaknya juga memeriksa timbangan yang digunakan swalayan. Apakah sudah sesuai standar dan bertanda tera sah serta mensosialisasikan cara dan posisi menimbang yang benar. Sehingga, hasilnya akurat, tidak merugikan penjual apalagi konsumen.

“Pengawasan semacam ini perlu dilakukan. Selain mengantisipasi timbul kerugian kedua belah pihak, juga sebagai upaya untuk menjadikan Meranti daerah tertib ukur,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala DisdagperinkopUKM Kepulauan Meranti, Mohamad Azza Faroni, menyampaikan bahwa kegiatan pengawasan BDKT akan rutin dilaksanaman.

Karena, jelasnya, hal itu merupakan amanat yang tertuang dalam UU Nomor 2 Tahun 1981 dan UU Nomor 23 Tahun 2014.

Dimana, Bidang Metrologi Legal Kepulauan Meranti sudah dapat melakukan pelayanan secara mandiri terhitung sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Karena telah memiliki SKKPTTU serta SK pegawai berhak dan fungsional.

“Kita akan melakukan kegiatan pengawasan ini secara rutin nantinya. Mengingat, Meranti khususnya Selatpanjang banyak berdiri minimarket atau swalayan. Jadi, sangat perlu terus diawasi,” tutur Azza.(uzi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares